Sedekah Bumi di Dusun Gandu Desa Gemulung Kerek-Tuban

  • Apr 20, 2024
  • Gemulung

Upacara Tradisi Sedekah Bumi atau lebih dikenal dengan sebutan manganan dilalakukan oleh masyarakat Desa Gemulung, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pada hari Senin 15 April 2024 di Sumur Dusun Gandu Desa Gemulung. Upacara sedekah bumi tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun dari nenek moyang. Upacara ini dilakukan sekali dalam setahun.
Prosesi upacara Tradisi Sedekah Bumi di Desa Gemulung diakhirii acara hiburan yaitu pementasan seni Tayub atau Tayuban. Seni Tayuban menggambarkan penyambutan para tamu atau pimpinan yang dihormati oleh masyarakat. Penyambutan itu dilakukan oleh para pemain wanita dengan cara menyerahkan sampur (selendang) atas petunjuk pengarih. Tamu yang menerima sampur akan mendapat kehormatan untuk menari bersama-sama. Acara tayuban ini tidak bisa tergantikan oleh hiburan lainnya. 
Acara ini merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah dilimpahklan kepada masyaraka desa Gemulunh. Makna simbolis yang dapat diambil pada Upacara Sedekah Bumi Desa Gemulung rasa kebersamaan, kegotongroyongan dan merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa cinta kepada bumi serta sebagai curahan rasa syukur kepada Tuhan Tuhan Yang Maha Esa.